Hari ini kita mendapatkan satu konsumen yang siang tadi menelpon,dia meberitahu bahwa kulkas d rumahnya tidak dingin..kemudian saya jawab "OK pak nanti sore saya langsung kerumah"
Kemudian sorenya saya datangi rumah si bapak yg bernama pak Heru beralamat d cipondoh dan langsung saya cek kulkas si bapak,ternyata kulkasnya benar tidak dingin,ternyata kapilernya mampet,,
dan gag pake bertele2 langsung aj saya buang freon nya,dan langsung saya lakukan langkah2 perbaikan untuk perbaikan kulkas yang mampet,
Berikut adalah langkah2 perbaikan yg saya lakukan:
- Buang freon pada kulkas dengan memotong pipa pada suction compresor
- Potong kapiler pada filter
- Lepas evaporator untuk di lakukan flusing R11 yang bertujuan untuk membersihkan kotoran/oli yang naik ke evaporator
- Pasang pentil pada kapiler untuk skalian d lakukan flushing
- Setelah selesai d lakukan flushing pasang kembali evaporator dan jangan lupa ganti filter dengan yang isi
- lanjut untuk pengerjaan pemvakuman unit,setelah selesai langsung isi freon R134a cukup dengan 10psi (tekanan tidak bisa d jadikan patokan)sambil kita tunggu bunga es pada evaporator penuh
- Sambil menunggu yang punya dah nyiapin kopi untuk dinikmati sambil mengobrol
- Setelah yakin unit sudah dingin dan bunga es pada evaporator sudah merata lanjutkan untuk memotong pentil pengisian,
- Laporan pada yang punya "Pak kulkasnya udah selesai dan ini bon ongkos perbaikan"
Akhirnya selesai juga JOB sore ini untuk perbaikan kulkas yang mampet,dan yang punya kulkas juga senang kulkasnya sudah normal kembali,kitapun juga pulang membawa hasil dan saya pun berpamitan"Terimakasih pak kepercayaan bapak kepada kami walaupun cuma mendapat informasi service dari blog saya"semoga kulkasnya awet.